PT Bina Riau Sejahtera Pemenang Operator Sampah di Pekanbaru Tahun 2024
Sabtu, 30 Desember 2023 - 23:21:59 WIB
 

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, detakriau.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menetapkan pihak ketiga yang memenangkan lelang jasa angkutan sampah di Kota Pekanbaru untuk tahun 2024.

Adapun pihak ketiga yang terpilih adalah PT Bina Riau Sejahtera. Perusahan ini akan menjadi operator sampah baik untuk zona I maupun zona II.

Untuk zona I adapun pagunya di angka Rp28,8 miliar dan putus di angka Rp27,9 miliar. Sementara untuk zona II adapun angka pagunya adalah Rp27,5 miliar dan putus di angka Rp26,8 miliar.

Pemenang pihak ketiga itu sudah ada yaitu PT Bina Riau Sejahtera, itu untuk zona I dan zona II," ujar Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Sabtu (30/12/2023).

Ia mengatakan pihaknya sudah melakukan klarifikasi sebagai tindak lanjut dari pengadaannya. Untuk seluruh armada juga sudah dicek dan memenuhi persyaratan. Karena memang sebelum melakukan pekerjaan di awal tahun mendatang, semuanya sudah harus clear.

"Untuk tahun depan PT Bina Riau Sejahtera akan mulai action pertanggal 1 Januari 2024. Untuk rute juga ada pembaruan. Kita evaluasi pola ritasi di tahun 2023 dan kita sempurnakan di tahun 2024," ujarnya, dilansir cakaplah.com.

"Memang ada langkah lain yang dilakukan disamping penyempurnaan rute ritasinya. Langkah lain yang sudah disiapkan seperti pengurangan sampah yang sampai ke TPS atau ke TPA.

"Jadi tidak semua sampah itu nanti terbuang ke TPS atau TPA, sebagian kan harus terambil oleh reduce dan recycle. Artinya kita akan aktifkan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R), bank sampah dan bentuk kegiatan lain yang tidak melanggar aturan tapi memberi sumbangsih terhadap pembangunan sampah," ungkapnya.

"Jadi nantinya tidak hanya fokus pemindahan sampah dari sumber ke TPA, tapi juga kita akan mendorong kegiatan dan pengurangan sampah di sumbernya," ucap Ingot yang juga menjabat sebagai Asisten II Setdako Pekanbaru ini.

Selain itu, saat ini DLHK Kota Pekanbaru juga tengah mempersiapkan juga agar di tahun 2024 nanti TPA bisa berfungsi dengan optimal. Karena memang TPA sangat penting kalau ada kendala di TPA, maka itu akan menganggu waktu bongkar dan akhirnya berdampak nanti kepada putaran rotasinya.

"Mobil itukan gak sekali jalan, buang sampah kemudian jemput lagi. Kalau di TPA itu macet, lambat, maka sampah akan semakin menumpuk. Makanya kita akan optimalkan TPA ini," ucapnya.

Saat ini juga, pihaknya sedang memfinalkan titik TPS yang resmi. Ini akan dishare melalui kecamatan, kelurahan agar masyarakat membuang sampahnya baik secara mandiri atau lewat kegiatan pengangkutan yang sifatnya komunal, semua membuangnya ke TPS.

"Insya Allah kita cukup optimis nanti di tahun 2024 akan ada perbaikan dalam tata kelola sampah di Pekanbaru," pungkasnya.(*)

 
 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -