BPN Pekanbaru Gesa Realisasi Target Program PTSL 2024
Sabtu, 16 Maret 2024 - 04:54:52 WIB
 

TERKAIT:
   
 


PEKANBARU, detakriau.com  - Program Sertipikat Tanah PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) yang digagas pemerintah pusat melalui Kementerian ATR/BPN kini masih terus bergulir. Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru hingga Maret tahun 2024 sedang memproses 1.000 permohonan dari 2.000 target persil Sertipikat PTSL.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru Doni Syafrial S.SIT, M.Si melalui Kasubag TU, Fauziazi, SE, MM mengatakan, yang menjadi target distribusi PTSL terutama kawasan yang masih belum banyak tanahnya yang bersertifikat. Ada lima kecamatan prioritas yakni, Kecamatan Kulim, Tenayan Raya, Kecamatan Rumbai, Rumbai Barat dan Kecamatan Rumbai Timur. 

Namun demikian tidak tertutup kemungkinan kecamatan lain di Kota Pekanbaru yang belum namun membutuhkan. PTSL Ini tidak sama dengan Program Prona yang jumlahnya terbatas dan dibatasi.

"Siapapun (maaf,red) mulai dari presiden sampai masyarakat terbawah punya hak untuk PTSL, termasuk WNI turunan pun," pungkas Fauziazi  sembari menambahkan PTSL ini sifatnya siapa yang cepat siapa yang dapat.

Lanjut Fauziasi, program yang dijalankan oleh Kementerian ATR/BPN ini, bertujuan menanggulangi permasalahan sengketa maupun perselisihan atas tanah tidak bersertipikat. "Siapapun warga Kota Pekanbaru, kami akan buka kesempatan. Khusus PTSL ini, kegiatan BPN terus dipantau KPK dan presiden," tambahnya.

Diketahui, program PTSL di Kota Pekanbaru tahun 2023 lalu sebanyak 4.090 surat. Sedangkan tahun 2024 ini turun menjadi untuk 2.000 persil saja.(rid)






 
 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -