Penjaringan Calon Ketua IKA Unri Dibuka Hari Ini Hingga 3 Juni 2021
Sabtu, 29 Mei 2021 - 10:23:15 WIB
 

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, detakriau.com - Panitia pengarah (steering committee) Kongres V IKA Universitas Riau telah merampungkan mekanisme pelaksanaan penjaringan calon Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Riau periode 2021- 2025.

Perampungan dilakukan melalui rapat panitia pengarah yang dipimpin ketua Makmur Kasim SE MM Ak DEA (alumni Fakultas Ekonomi) dihadiri ketua panitia pelaksana (organizing committee) Eka Putra Nasir (alumni Fakultas Teknik), Jumat (28/5/2021) sore.

Panitia sepakat bahwa para alumni yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon bisa melakukannya mulai hari ini, Sabtu 29 Mei hingga Kamis 3 Juni 2021 pukul 17.00 WIB. 

Makmur Kasim menjelaskan, para calon bisa datang langsung atau diwakilkan membawa berkas-berkas sebagai syarat ke sekretariat panitia kongres V IKA Unri di komplek kampus Binawidya, Panam. Sekretariat terletak di dekat sekretariat Menwa Unri.

"Setelah pendaftaran ditutup 3 Juni sore, panitia akan melakukan verifikasi berkas. Panitia memberikan kesempatan pada para calon yang sudah mendaftar untuk menyerahkan berkas yang belum lengkap hingga sebelum pelaksanaan pengumuman calon yang lolos pada tanggal 4 Juni pukul 16.00 WIB," kata Makmur.

Selanjutnya, nama-nama yang lolos itulah yang akan dibawa ke sidang pleno Kongres V IKA Unri, 5 Juni 2021 di Hotel Pangeran, Pekanbaru. Sehingga sidang pleno tidak lagi menerima pendaftaran calon.

Makmur juga mengingatkan kepada seluruh alumni agar ikut berpartisipasi mendukung alumni yang layak untuk dicalonkan. 

"Semua alumni boleh mengajukan calon lewat masing-masing IKA fakultas ataupun komisariat-komisariat IKA Unri yang sudah ada. Masukan dari alumni bisa jadi bahan pertimbangan pengurus IKA fakultas atau komisariat untuk menentukan siapa calon yang akan diusung," katanya.

IKA fakultas dan komisariat yang  berjumlah 15 adalah delegasi pemilik hak suara pada kongres. 

Adapun syarat-syarat yang mesti dipenuhi para calon adalah pertama, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, memiliki loyalitas, kejujuran dan dedikasi yang tinggi dan kesanggupan kerja untuk IKA Unri. Ketiga, tercatat sebagai alumni Unri dengan melampirkan ijazah Universitas Riau.

Keempat, melampirkan bukti identitas diri. Kelima, mendapat dukungan paling sedikit dari tiga pengurus IKA fakultas dan/atau komisariat IKA dengan menunjukkan bukti surat dukungan yang ditandatangani ketua dan sekretaris di atas meterai.

Keenam, setiap delegasi hanya boleh memberikan satu dukungan. Ketujuh, menyatakan kesediaannya untuk menjadi calon ketua umum IKA Unri secara tertulis dan lisan di forum kongres. "Para calon juga harus melampirkan foto diri ukuran 2R," kata Makmur.

Eka Putra Nasir mengatakan, secara umum persiapan pelaksanaan kongres berjalan lancar. Eka kembali menyampaikan bahwa kongres diisi dengan kegiatan pembukaan, webinar nasional, silaturahmi akbar alumni dan sidang-sidang pleno.

"Pertemuan langsung jumlah terbatas di Hotel Pangeran sedangkan alumni yang tidal bisa hadir secara fisik bisa hadir secara daring lewat aplikasi Zoom. Panitia menyiapkan 1.000 partisipan untuk alumni," katanya.

Selain dihadiri Rektor Universitas Riau Aras Mulyadi, acara menampilkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur Riau Syamsuar dan alumni yang menjadi entrepreneur M Wan Hasyim sebagai pemateri webinar. Acara silaturahmi akbar disediakan untuk ajang jumpa dengan sesama alumni baik antar fakultas maupun sesama fakultas.

"Kami juga akan menayangkan siaran langsung seluruh rangkaian acara termasuk sidang-sidang pleno lewat aplikasi Youtube dan Facebook," ujar Eka.(rls)

 
 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -