Datuk Seri Al Azhar Berpulang, Riau Kehilangan Pejuang dan Simbol Moral
Rabu, 13 Oktober 2021 - 21:56:35 WIB
 
Prosesi pemakaman yang turut dihadiri sejumlah unsur Forkopimda, seperti Wakapolda Riau, Brigjen Pol Tabana Bangun, di Pemakaman Jl Air Dingin, Pekanbaru, Rabu (13/10/2021). (IST) 

TERKAIT:
PEKANBARU, detakriau.com - Berpulangnya tokoh dan budayawan Riau Datuk Seri Al Azhar, Selasa (12/10/2021) pukul 22.04 WIB membuat Riau tidak hanya kehilangan sosok budayawan ataupun ketokohannya, tapi masyarakat Riau juga kehilangan simbol moral dan seorang pejuang. Semasa hidupnya, Al Azhar merupakan orang yang sangat konsentrasi memperjuangkan hak masyarakat melayu Riau.

Ketua Umum LAM Riau Datuk Sri Syahril Abu Bakar mengungkapkan bahwa Al-Azhar selalu menyuarakan bahasa perjuangan tentang Melayu Riau.

“Kami semua di sini, para datuk-datuk di Riau hadir. Kami akan melanjutkan perjuanganmu. Kami siap berjuang untuk negeri ini dan siap berkorban seperti mu. Selamat jalan ayahanda, kakanda, abangda. Selamat jalan Datuk Sri. Semoga dosa-dosamu diampunkan,,” tuturnya, Rabu (13/10/2021).

Bagi orang-orang yang mengamati perjalanan Provinsi Riau, tidak asing dengan sosok pria kelahiran Tambusai, Rokan Hulu pada 17 Agustus 1961 ini. Al Azhar dikenal sebagai budayawan dan juga aktivis pergerakan.

Syahril mengatakan bahwa keluarga besar LAMR sangat berduka mendalam dengan meninggalnya Al Azhar. "Kami sangat berduka dengan meninggalnya Datuk Seri H Al Azhar, semoga semua salah beliau diampunkan Allah," kata Syahril.

Syahril mengatakan bahwa keluarga besar LAMR sangat berduka mendalam dengan meninggalnya Al Azhar. "Kami sangat berduka dengan meninggalnya Datuk Seri H Al Azhar, semoga semua salah beliau diampunkan Allah," ucap Syahril.

Pelepasan Jenazah

Jenazah Alm Al Azhar sekitar pukul 11.20 WIB sudah tiba di Gedung Balai Adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) di Jalan Diponegoro Pekanbaru, 13 Oktober 2021. 

Dari LAM Riau ini jenazah Alm Al Azhar akan dilakukan pelepasan menuju ke mesjid Raya An-Nur di jalan Hang Tuah, Pekanbaru. 

Selanjutnya, Jenazah Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Al Azhar dimakamkan di TPU Air Dingin, Pekanbaru, Rabu 13 Oktober 2021 siang.

Al Azhar dimakamkan pada pukul 12.30 WIB, dan dihadiri sejumlah unsur Forkopimda, seperti Wakapolda Riau, Brigjen Pol Tabana Bangun.

Seperti diketahui Datuk Seri Al-Azhar merupakan budayawan, sastrawan dan Ketua MKA Lembaga Adat Melayu Riau masa khidmat 2017-2022. Dia wafat, pada Selasa, 12 Oktober 2021, sekitar pukul 22.04 WIB di RS Awal Bros Pekanbaru. (rid)



 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -