Operasi Zebra Lancang Kuning, Tindak Pelanggaran dan Tegakkan Prokes
Senin, 15 November 2021 - 17:34:49 WIB
DUMAI, detakriau.com – Kapolres Dumai AKBP Mohammad Kholid memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 di lapangan Mapolres Dumai, Senin (15/11).
Operasi yang melibatkan 60 personel ini berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 15–28 Nopember 2021 untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Menindak pengendara yang berlawanan arah sebab menyebabkan kecelakaan lalu-lintas.
Kata Kapolres, pihaknya akan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan karena masih dalam pandemi covid 19.
Sertai dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas guna memutus penyebaran covid-19.
Kata kapolres didampingi Kasatlantas Polres Dumai AKP Akira Ceria upacara ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dalam pelaksanaan kegiatan Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 dengan tujuan agar berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran.
Berbagai terus dilakukan untuk menciptakan situasi Kamsebtibcar Lantas ( keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas ) dengan memberdayakan seluruh stake holder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dalam menyelesaikan permasalahan lalu lintas.
Saat ini Dumai masih sedang menghadapi pandemi covid-19 sehingga diperlukan peran serta stake holders dalam menciptakan kamseltibcarlantas dimasa pandemi covid-19. Tentunya akan bekerjasama dengan Satpol PP Kota Dumai dalam penegakan prokes.
Dikatakannya, hal tersebut sejalan dengan tema operasi zebra lancang kuning 2021 yaitu melalui ops zebra 2021 kita tingkatkan disiplin prokes dan tertib berlalu lintas dalam mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap menjelang Natal dan tahun baru 2022.
Kapolres berharap pada Polantas senantiasa profesional kenali psikologis masyarakat dan lakukan penegakan hukum dengan memberikan edukasi dan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya berlalu lintas di jalan.
Dia berpesan agar jajarannya melaksanakan upaya penegakan hukum secara persuasif dan menarik simpatik masyarakat dengan ramah, empati, simpatik dan sopan.
Selalu ingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yaitu melaksanakan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas).
Melalui ops zebra 2021 kita tingkatkan disiplin prokes dan tertib berlalu lintas dalam mewujudkan kamseltibcarlantas yang mantap menjelang Natal dan tahun baru 2022.
Target Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 antara lain memutus mata rantai penyebaran corona virus disease (covid-19) serta mencegah terjadinya kerumunan massa. Lain itu terciptanya kamseltibcarlantas pada jalur tol, arteri dan tempat wisata.
Memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah fatalitas korban laka lantas. Serta menurunkan level PPKM.
Sedangkan sasaran Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 segala bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menjadi cluster penyebaran covid-19 serta masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan. Masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas.
Diharapkan operasi zebra tahun ini dapat menurunkan laju penyebaran covid – 19 dan menekan jumlah korban fatalitas serta meminimalisir kemacetan lalu lintas untuk mewujudkan kamseltibcarlantas.
Kasatlantas Polres Dumai AKP Akira Ceria menambahkan dalam operasi Zebra Lancang Kuning juga akan dilaksanakan kegiatan vaksinasi bagi masyarakat untuk dosis I dan II yang akan dilaksanakan disejumlah fasilitas kesehatan. Tak hanya itu kita juga membagikan masker kepada masyarakat dalam rangka menekan penyebaran covid 19 di kota Dumai. (DPN/rid)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -