Gubri Syamsuar dan Ketua Menteri Melaka Bahas Kerjasama
Kamis, 09 Juni 2022 - 16:47:28 WIB
 
Syamsuar - Datuk Seri Utama Sulaiman
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, detakriau - Gubernur Riau (Gubril) H Syamsuar melakukan pertemuan dengan Ketua Menteri Melaka Datuk Seri Utama Sulaiman dan rombongan di Kediaman, Kamis (9/6/22).

Menteri Pelancongan, Warisan dan Kebudayaan Negeri Malaka, Dato Muhammad Jailani bin Khamis mengungkapkan, pertemuan ini dalam rangka mengaktifkan kembali sinergi yang telah terjalin untuk melanjutkan industri wisata antara Riau dan Malaka.

"Semula dan secara dasarnya kami mau rancangkan lagi industri wisata antara Riau dan Malaka. Hubungan antara Riau dan Malaka ini bukan dari ekonomi, sosial saja tetapi, hubungan Riau dan Malaka ini seperti satu keluarga Melayu," ungkap Jailani. Pihaknya juga meminta Bandara Sultan Syarif Kasim di Pekanbaru dibuka segera supaya adanya pesawat dari Malaka ke Riau.

"Diwaktu yang bersamaan untuk fery kita rencanakan pula perjalanan untuk RoRo Dumai Malaka ini dipercepat. Jika Riau bersedia tahun 2024 Malaka juga harus berserdia dan seiring berjalan," pintanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dalam percepatan pelaksanaan Roro Dumai Malaka, pihaknya dan gubernur Riau telah menyetujui untuk dibentuknya panitia.

"Telah ada persetujuan agar satu panitia untuk pelaksanaan percepatan RoRo Dumai Malaka dan Insya Allah satu bulan kedepan akan dibentuk orangnya siapa-siapa saja," kata Jailani.

Sebagai informasi, Ketua Menteri Melaka Datuk Seri Utama Sulaiman membawa Speaker Dewan Perwakilan Rakyat Melaka Datuk Wira Ibrahim, Menteri Keuangan Melaka Datuk Salhab, Menteri Jalan Raya dan Infrastruktur Melaka Rahmat Bagiman, Menteri Pariwisata Malaka Datuk Akmal, Kepala Dinas Wisata Melaka Aloysius Werang dan sebagainya. 

Sementara itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengucapkan terimakasih kepada Ketua Menteri Melaka Datuk Seri Utama Sulaiman dan rombongan yang telah berkunjung untuk menjaga silaturahmi kedua negara ini. 

"Mudah-mudahan kerjasama antar negeri ini terus berjalan juga semoga apa yang kita harapkan untuk RoRo Dumai Melaka ini bisa terwujud dengan baik," ucapnya.

Gubri Syamsuar menjelaskan, investasi Riau rangking 5 di luar Pulau Jawa dan akan terus menjaga dengan baik juga meningkatkan investasi di Riau ini. 

"Semoga juga dipermudahkan lah setiap yang diusahakan baik dari Riau dan Malaka. Untuk itu kami senantiasa menjaga investasi di Riau agar dapat mendorong pandemi Covid-19 menjadi endemi dan dapat membantu pemulihan ekonomi masyarakat,"tutur Syamsuar. (rid)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -