Aksi Damai LLMB, "Kami Jaga Marwah Datuk Setia Amanah"
Kamis, 09 Juni 2022 - 23:21:22 WIB
 

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, detakriau - Ratusan masyarakat yang tergabung dalam lembaga Laskar Melayu Bersatu menggelar aksi damai di depan Gedung DPRD Provinsi Riau, Kamis (9/6/2022). 
 
Massa tersebut menyampaikan orasi untuk menjunjung tinggi nilai adab dan sopan santun yang dimiliki masyarakat melayu Riau dan merespon aksi demo yang dilakukan salah satu organisasi masyarakat (Ormas) beberapa waktu lalu yang mendesak Kejaksaan Tinggi Riau mengusut dalang dugaan korupsi di Kabupaten Siak. 
 
"Mari kita jaga sikap di negeri Melayu, Kami siap menjaga pemimpin kami dan marwah negeri ini, kami diam bukan karena takut," ujar orator.
 
Pihaknya menilai, aksi-aksi yang sebelumnya sempat ada di Bumi Lancang Kuning tersebut sudah suatu bentuk penghinaan kepada Gubernur Riau Syamsuar. "Ada yang menghujat Datuk Seri Setia Amanah, negeri ini bertuan dan jangan sampai menghujat simbol kami Datuk Setia Amanah," tegas seorang orator.
 
Lebih lanjut, mereka menyampaikan bahwa tidak ada lagi pihak manapun yang melakukan kekacauan di Riau dan meminta kepada pihak berwenang agar memberi sanksi untuk oknum yang telah melakukan penghinaan tersebut.
 
Aksi unjuk rasa itu berlangsung cukup singkat. Para Orator dalam aksi tersebut banyak menyinggung tentang oknum ataupun Ormas yang dianggap menggangu di Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Riau.

"Kami tidak membekap pak Syamsuar, tapi kami menjaga Datuk Setia Amanah. Siapapun gubernurnya, pasti Datuk Setia Amanah. Kalau Datuk Setia Amanah dicoreng mukanya sama saja mencoreng muka kami. Kalau besok ada demo tandingan, kami siap lebih banyak," kata salah seorang orator aksi.

Saat aksi berlangsung, massa LLMB sempat ditemui Ketua Komisi V DPRD Riau, Robin P Hutagalung. Robin menyebut, aspirasi yang disampaikan massa LLMB tersebut akan disampaikan ke pimpinan DPRD Riau.

"Kami minta aspirasi tertulis supaya jelas dan bisa kita sampaikan ke pimpinan DPRD Riau. Kami akan menerima langsung aspirasi dari Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB) Riau. Nantinya kami teruskan kepada pimpinan DPRD Riau, agar melaksanakan aspirasi ini bersama dengan Forkopimda Riau," kata Politikus PDIP itu.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Riau Zulkifli Indra merespon aksi dengan turun langsung ke tengah-tengah padatnya massa untuk mengatakan bahwa aspirasi masyarakat ini diterima dan akan dibahas lebih lanjut.
 
“Aspirasi masyarakat ini kami terima, nanti akan kami serahkan kepada Ketua DPRD Riau dan insyaallah akan dibahas lebih lanjut bersama-sama oleh Forkopimda,” singkatnya.
 
Adapun isi aspirasinya, Pertama, Kami dari elemen Pemuda Melayu masyarakat Riau, siap menjaga marwah Pemimpin Riau Datuk setia amah. Kedua, Kami siap melindungi aparat hukum yang diinterpensi dari pihak manapun yg sarat dengan kepentingan ekonomi dan politik ditanah melayu ini. 
 
Ketiga, mendukung aparat hukum bekerja sesuai dengan aturan Perundang Undangan, aparat hukum tidak bisa dintervensi oleh pihak manapun yang punya kepentingan ekonomi dan politik. Keempat, Kami tidak mau negeri melayu ini dibuat gaduh oleh pihak-pihak yang sarat dengan kepentingan ekonomi dan politik.
 
Dan terakhir, Kami akan meminta kepada Lembaga Adat Melayu Riau Untuk memberi sanksi Adat dan mengusir dari tanah melayu kepada para oknum yang membuat rusuh melecehkan Datuk Setia Amanah.

Berikut isi aspirasi yang disampaikan LLMB Riau kepada DPRD Riau:

1. Kami dari Elemen Pemuda Melayu Masyarakat Riau siap menjaga marwah pemimpin Riau, Datuk Setia Amanah.

2. Kami siap melindungi aparat hukum yang diintervensi dari pihak manapun yang sarat dengan kepentingan ekonomi dan politik di tanah Melayu ini.

3. Mendukung aparat hukum bekerja sesuai dengan aturan perundang-undangan, aparat hukum tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun yang punya kepentingan ekonomi dan politik.

4. Kami tidak mau negeri Melayu ini dibuat gaduh oleh pihak-pihak yang sarat dengan kepentingan ekonomi dan politik.

5. Kami akan meminta kepada Lembaga Adat Melayu Riau untuk memberi sanksi adat mengusir dari tanah Melayu Riau kepada para oknum yang membuat rusuh dan melecehkan Datuk Setia Amanah.(rid/MCR)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -