Pengunjung Bagholek Godang Festival Kagumi Program Penanggulangan Karhutla APRIL Group
Minggu, 14 Agustus 2022 - 18:20:20 WIB
 

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, detakriau -Acara Bagholek Godang Festival yang digelar selama sepekan ini, mulai Sabtu (6/8/2022) hingga Jumat (12/8) di Bangkinang, Kabupaten Kampar rtidak hanya semarak. Kehadiran personel pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung.

Tampak personel Fire Emergency Response Team (FERT) RAPP dengan sigap menjelaskan ketangguhan personil di lapangan dan keunggulan peralatan yang digunakan di lapangan.

Peralatan Drone Mavic Pro 2 terbaru, mesin Pemadam Kebakaran (Damkar) MK3 dan Niagara Plus 2 yang dipamerkan menjadi keunikan tersendiri bagi pengunjung.

Salah satu personel Fire Fighter RAPP, Ichwandri mengatakan bahwa kebanyakan pengunjung datang karena rasa penasaran dan ingin melihat langsung dari dekat pesawat tanpa awak atau drone yang diterbangkan dengan kendali jarak jauh.

"Antusiasme pengunjung ke stand APRIL APR luar biasa tinggi, setiap hari kami mendapat kunjungan dari berbagai kalangan, ada juga anak-anak sekolah yang datang bersama guru mereka. Pertanyaan yang sering muncul mengapa perusahaan penghasil kertas memerlukan tim pemadam kebakaran. Ini kesempatan bagi kami untuk menjelaskan pengelolaan hutan secara berkelanjutan yang dijalankan oleh APRIL Group," ujar Ichwandri.

Tim Fire Fighter yang bertugas di stand juga mengedukasi pengunjung tentang bahaya membakar hutan dan lahan bagi lingkungan dan berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

APRIL dan APR turut memajang hasil produksi berupa pulp, kertas dan viscose rayon. Di stand perusahaan penghasil pulp dan kertas terbesar ini pengunjung bisa mengetahui proses pembuatan pulp, kertas dan viscose rayon yang dihasilkan dari serat kayu akasia dan eukaliptus. Kayu tersebut diperoleh dari pohon yang ditanam oleh RAPP di hutan tanaman industri dan dikelola secara berkelanjutan. Contoh asli dari bibit akasia dan eukaliptus juga didatangkan dari nursery RAPP dan bisa dilihat langsung oleh pengunjung.

Manajer Stakeholders Relations (SHR) RAPP wilayah Kampar, Andrisman menjelaskan keikusertaan APRIL dan APR untuk memeriahkan Bagholek Godang Festival merupakan bentuk dukungan RAPP terhadap masyarakat dan pembangunan Kabupaten Kampar.

“Ini adalah wujud dukungan kepada pelestarian budaya di Kabupaten Kampar sekaligus memeriahkan semangat bulan kemerdekaan Republik Indonesia, hal ini sejalan dengan filosofi 5C APRIL bahwa apa yang kami lakukan harus memberikan manfaat bagi masyarakat, negera, iklim, pelanggan dan perusahaan," jelas Andrisman.

Anak-anak sekolah yang berkunjung diajak bermain games berhadiah souvenir berupa sample kertas PaperOne yang boleh dibawa pulang.

Tak lengkap rasanya jika pengunjung keluar dengan tangan kosong, maka di stand APRIL-APR bisa membeli Madu Galo-Galo dari Gunung Sahilan, Kampar sebagai oleh-oleh.

Madu Galo-Galo merupakan madu kelulut murni yang dihasilkan oleh Kelompok Tani Imbo Kampau yang merupakan mitra dampingan program Community Development RAPP di kabupaten Kampar.(rid/ckp)



 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -