Dukung Program 1.000 Tahfidz Pemkab, Ini yang Dilakukan Baznas Pasaman
Rabu, 24 Agustus 2022 - 20:47:07 WIB
 

TERKAIT:
   
 

LUBUK SIKAPING, detakriau - Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Pasaman memberi dukungan penuh terhadap pelaksanaan program 1.000 Tahfidz yang diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman. 

"Ini langkah kongkrit untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa yang akan datang," kata Ketua Baznas Pasaman, H. Asnil M SE MM.

Dalam keterangannya di Lubuk Sikaping, Kamis (25/8/2022), Asnil menjelaskan melalui program itu diharapkan akan lahir hafidz dan hafidzah andal, yang kelak akan mengharumkan nama Pasaman di berbagai tingkatan, baik tingkat provinsi dan nasional, bahkan tingkat internasional sekali pun.

Pada lingkup mikro, menurut Asnil yang mantan pejabat di lingkup Pemkab Pasaman itu, setidaknya akan lahir para penghafal Al-Qur'an, baik untuk tingkatan 5 atau 10, bahkan sampai 20 dan 30 juz, yang lahir dari rumah-rumah tahfidz yang didirikan untuk mendukung progra itu.  

"Mereka diharapkan akan menularkan kemampuannya ke masyarakat di sekitar tempat tinggalnya," ungkap Asnil.

Dijelaskan Asnil, oleh karena kemajuan peradaban, tantangan terhadap moral keagamaan semakin berat. Oleh karena aneka kemajuan itu, menurutnya, sudah banyak di antara generasi muda yang seakan tidak lagi peduli dengan hal-hal yang bersifat keagamaan.

"Sudah banyak generasi muda yang lengah, antara lain bersebab kemajuan iptek yang bergerak dengan semakin maju," imbuhnya. 

Padahal, ungkap Asnil, hal-hal yang bersifat moral keagamaan merupakan nilai luhur yang seyogianya dimiliki oleh para generasi mufa sebagai pewaris bangsa.

"Apa yang dilakukan Pemkab Pasaman melalui program 1.000 Tahfidz merupakan jawaban terhadap kondisi kekinian dan kondisi untuk rentang waktu beberapa tahun ke depan," ujar Asnil menambahkan. 

Melalui program itu, sebut Asnil, bila kelak duet pemimpin Pasaman Bupati Benny Utama dengan Wakil Bupati Sabar AS mengakhiri pengabdiannya, di Pasaman sudah lahir 1.000 hafidz dan hafidzah andal, yang akan memberi warna tersendiri dalam konteks menyemarakkan kehidupan beragama di Pasaman.

Dikatakan Asnil, Baznas Pasaman untuk tahun anggaran 2022 memberi dukungan kongkrit berupa mengalokasikan dana Rp100 juta untuk mendukung program 1.000 Tahfidz itu. "Ini sejalan dengan program Baznas Pasaman, yaitu Pasaman Imtaq," ungkap Asnil. 

Dana sebanyak itu, ungkap Asnil, akan dijadikan sebagai reward (penghargaan) bagi para tahfidz Pasaman yang menang di berbagai iven.

"Ini sebagai bentuk support dari Baznas terhadap semua hafidz dan hafidz yang dilahirkan melalui program itu, dimaksudkan agar mereka bersemangat untuk mencapai yang terbaik," katanya. 

Asnil mengingatkan jangan dinilai nominal penghargaan yang diberikan, melainkan substansi yang hendak dituju dari pemberian reward itu.

Dengan kata lain, menurut Asnil, melalui program 1.000 Tahfidz, diharapkan akan lahir para penghafal Al-Qur'an andal dari 12 kecamatan yang ada di daerah itu, yang akan menjadi contoh dan suri tauladan bagi generasi muda lainnya, setidaknya di lingkungan tempat tinggal hafidz dan hafidzah itu. (spa)

 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -