Dua Warga Pembakar Lahan TNTN Ditahan Polisi
Kamis, 22 September 2022 - 20:56:35 WIB
 

TERKAIT:
   
 

PANGKALANKERINCI, detakriau.com - Petugas gabungan berhasil menangkap dua orang warga diduga melakukan aktivitas pembukaan lahan disertai pembakaran di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Rabu (21/9/2022) kemarin. Kedua pelaku ditangkap lalu diamankan di Mapolsek Ukui.

Kepala Balai TNTN, Heru Sutmantoro, S.Hut MM kepada CAKAPLAH.com, Kamis (22/9/2022) membenarkan penangkapan dua orang warga yang sedang melakukan aktivitas pembukaan lahan disertai pembakaran tersebut.

Lokasi persis penangkapan ini, berada tepatnya di daerah Kenayang masuk dalam Kawasan TNTN yang secara administratif masuk dalam Desa Lubuk Kembang Bunga Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan.

Dikatakannya, penangkapan ini bermula saat melakukan kegiatan pemadaman dari petugas gabungan yang terdiri dari Brigdalkarhut TNTN, Babinkamtibmas, Babinsa, dan unsur masyarakat.

Saat itu, katanya, petugas gabungan menjumpai dan menangkap pelaku pembakaran berjumlah dua orang yang inisial JS dan RM. Keduanya, merupakan warga pendatang dari Sumatera Utara.

"Saat ditangkap keduanya sedang melakukan pemotongan batang pohon dan mengumpulkan kemudian dibakar. Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dari kegiatan pembakaran adalah satu unit chainsaw, satu buah parang, dua unit sepeda motor, dua buah mancis/korek, minyak pertalit dan oli kotor," tegas Heru, dilansir cakaplah.com.

Selanjutnya, untuk proses hukum pelaku beserta barang bukti diamankan di Mapolsek Ukui. Akibat perbuatan kedua pelaku ini tambah Heru, luas lahan hutan terbakar diperkirakan mencapai luas 20 hektar dan petugas masih melakukan kegiatan pemadaman.(rid/ckp)






 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -