Kartini Janda 93 Tahun Daripada Kapten (pur) RA Efendi Tanpa Pensiun dan Sempat Jadi Pembantu
Kamis, 03 November 2022 - 16:13:37 WIB
 
Kartini usia 93 Tahun Saksi Revolusi di Bandung
TERKAIT:
   
 

Jakarta, detakriau.com - Wajahnya masih menampakan raut wajah kecantikan yang luar biasa meski umurnya telah 93 tahun lahir di Kota Bandung, Propinsi Jawa Barat.

Nada bicaranya masih amat jelas dan sehat, ini dibuktikan dengan masih hampir tiap minggu mondar mandir Bogor - Jakarta dengan angkutan umum.

Tapi jangan tanya soal riwayat masa penjajahan Belanda. Dia masih bisa bernyanyi dengan menggunakan bahasa penjajah Belanda dan Jepang dengan amat sangat jelas sekali.

Dia juga saksi atas tentara Balanda KNIL yang berbaret Merah yang bermunculan di Kota Bandung. Kartini si punya nama juga salah satu saksi atas peristiwa Bandung Lautan Api alias pertempuran di Bandung di saat zaman revolusi dan Hijrah ke Yogyakarta.

"Saya istri pertama dari Kapten R.A Efendi almarhum dari Kodam Siliwangi tetapi saya tidak mendapat hak pensiun karena Efendi telah 5 kali beristri termasuk dengan warga Belanda, dan India di Harmoni, Jakarta", kata Kartini di Bogor, Kamis (3/11/2022).

Sejak dimadu dirinya menjalani hidup dengan berdagang di Pasar Cibinong, Bogor, dan sempat menjadi pembantu rumah tangga di empat keluarga yang berbeda untuk menyambung hidup.

Sekolah Rakyat ditempuh di Kota Bandung didekat rumahnya di Jalan Embong tidak jauh dari Jalan Asia Afrika.

Di hari hari biasanya ia gunakan untuk bertemu dengan mantan induk semangnya sambil menunggu dipanggil. "Entah kapan saya di panggil menghadap Gusti Allah", katanya dengan nada bermunajat karena masih diberikan kesehatan.win.

 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -