Artikel
HIDUP ADALAH PERJUANGAN
Sabtu, 05 November 2022 - 08:27:22 WIB
 

TERKAIT:
   
 

OLEH : INDRA MUNIR,S.Si

Suatu proses panjang yang di alami setiap manusia adalah kehidupan. Dalam proses tersebut terjadi perkembangan-perkembangan segenap potensi yang ada, baik fisik, psikis menuju satu tahap tertentu. Pola perkembangan tersebut memuat proses yang berasal dari dalam individu sendiri, maupun juga dapat berasal dari hasil interaksi dengan lingkungan. Makna hidup merupakan sesuatu yang penting dan berharga bagi seorang individu, apabila seorang berhasil menemukan makna hidup, maka kehidupan ini akan dirasakan sangat berarti. Makna hidup merupakan hal yang sangat pribadi, sehingga dapat selalu berubah-ubah sering berjalannya waktu dan perubahan situasi dalam kehidupan individu tersebut.

Perjuangan adalah adalah usaha atau ikthisar secara maksimal yang dilakukan secara terus menerus atau berkelanjutan disertai dengan doa dan tujuan yang jelas. Jadi perjuangan merupakan sebuah usaha atau upaya yang dilakukan seseorang atau kelompok orang untuk mencapai sesuatu yang diinginkan melalui proses dan rintangan yang dihadapi yang ada pada lingkungan masyarakat. Perjuangan dalam hidup seseorang sangatlah diperlukan oleh seorang manusia yang hidup di alam nyata ini, sehingga bisa dikatakan dalam kehidupan seseorang haruslah berjuang. Seseorang yang tidak mau berjuang dalam hidupnya artinya tidak ada tujuan dalam hidupnya. Dalam mencapai tujuan itu tentunya setiap manusia harus terlebih dahulu menghadapi masalah. 

Setiap orang selalu berharap perjalanan hidupnya mulus, namun tidak demikian dengan kenyataan. Jika Allah selalu berikan apa yang kita inginkan dengan mudah kita dapati. Kapan kita akan tahu arti sebuah perjuangan dan sebuah kesabaran. Selalu ada ujian dan hambatan dalam hidup kita. Allah berikan semua agar kita bisa belajar dan bersyukur. Jika diberi kemudahan maka kita harus bersyukur dan sebaliknya jika kita di berikan kesedihan atau kekurangan maka kita harus bisa bersabar
Tidak ada manusia dalam mencapai tujuannya tidak menghadapi masalah. Setiap manusia pasti memiliki masalah yang dihadapi dalam kehidupannya, tetapi seseorang yang berjuang dalam kehidupannya akan menganggap masalah itu sebagai suatu rintangan yang harus diselesaikan dengan penuh percaya diri tanpa ada keraguan dan tidak lupa diiringi dengan doa. Seseorang yang selalu tersenyum dalam menghadapi masalah merupakan seseorang yang selalu berpikiran bahwa setiap masalah pasti ada solusinya. selain dengan usaha tentunya pasti juga diiringan dengan berdoa.

Setiap manusia pasti memiliki beban atau persoalan dalam hidupnya. Orang yang bisa memahami dengan baik maka seberat apapun beban atau persoalan hidup akan terasa ringan. Ia akan terima dalam hidupnya seakan hidup tak ada beban. Jadi jangan di kira wajah-wajah yang hadir saat ini tidak memiliki beban persoalan. Munkin dengan tawa dengan senyum mereka bisa menutupi keadaan bahwa sebenarnya kita memiliki beban.

Tetap semangat lalui hari dan meraih apa yang belum bisa kita raih. Tak ada suatu hal yang kita miliki tanpa perjuangan. Jangan menyerah, jangan lelah yakin semua lelah kita akan berbuah indah. Hilangkan penyakit malas dan sikap pesimis. Teruslah melangkah walau itu pelan. Sesekali berhenti untuk istirahat namun jangan larut dan segeralah beranjak dan bangkit. Terus berjalan dan bahkan jika perlu kita harus berlari.
Dalam kesedihan apapun pasti ada hikmah yang dapat kita ambil, asal kita kembalikan sepenuhnya pada sang pemilik jiwa, yaqin bahwa Allah selalu mengabulkan doa orang-orang yang memiliki keyakinan dan kemauan kuat untuk mewujudkan harapan. Tetap semangat dan bangkit dalam menjalani semua takdir-Nya. Mari kita songsong mentari pagi dengan hati berseri tetap optimis, iringi usaha dengan doa dalam menggapainya. Gapai semua mimpi-mimpi kita.

Waktu selalu berputar dan tak kan berhenti hanya di satu titik Begitu pula kita jangan puas dengan apa yang sudah kita capai namun terus capai hal baru yang kita inginkan.Apa yang kita capai saat ini melalui proses panjang dan tidaklah mudah, penuh lika-liku dan air mata. Untuk itu kita haruslah bisa menjaganya dan mensyukurinya. Tidak menyia-nyiakan setiap detik waktu yang terlewati Selalu menggunakannya waktu dengan sebaik mungkin. Isi hari penuh dengan kebaikan. Karena hari ini tak kan bisa terulang. Hari ini adalah kesempatan karena hari esok tidak dijanjikan kepada siapapun. Berusaha berikan hal terindah untuk seseorang yang begitu berharga dalam hidup.

Cukup Ingat lirik ini,  kemenangan hari ini bukanlah berarti kemenangan esok hari,  kegagalan hari ini bukanlah berarti kegagalan esok hari. Hidup adalah perjuangan tanpa henti-henti usah kau menangisi hari kemarin tidak ada yang jatuh dari langit dengan cuma-cuma artinya hidup adalah sebuah perjuangan. Setiap manusia memperjuangkan kehidupannya masing-masing.
"Pandanglah hari ini. Kemarin sudah menjadi mimpi. Dan esok hari hanyalah sebuah visi. Tetapi, hari ini yang sungguh nyata, menjadikan kemarin sebagai mimpi kebahagiaan, dan setiap hari esok sebagai visi harapan.


Indra Munir,S.Si Merupakan guru yang aktif menulis, selain itu ia aktif mengajar di Guru MAN 2 Kampar

 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -