ARTIKEL: URGENSI PENDIDIKAN BAGI INSAN
Rabu, 09 November 2022 - 17:46:38 WIB
 

TERKAIT:
   
 

Oleh: Indra Munir, S,.Si

Pendidikan adalah Suatu untuk membina dan mengembangkan kepribadian seseorang, baik mental maupun fisik.  Ada juga beberapa ahli yang mengartikan pendidikan, pendidikan sebagai proses mengubah sikap dan perilaku individu atau kelompok melalui pengajaran dan pelatihan. Dengan pendidikan kita bisa lebih dewasa karena pendidikan tersebut memberikan dampak yang sangat positif bagi kita, dan juga pendidikan tersebut bisa memberantas buta huruf dan akan memberikan keterampilan, kemampuan mental, dan lain sebagainya. 

Seperti yang tertera didalam UU No.20 tahun 2003 Pendidikan adalah usaha dasar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan, yang diperlukan dirinya, masyarakat, dan Negara. Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap manusia Indonesia berhak mendapatkannya dan diharapkan untuk selalu berkembang didalamnya, Pendidikan tidak akan ada habisnya.

Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting. Kita dididik menjadi orang yang berguna baik bagi Negara,Nusa dan Bangsa. Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan di lingkungan keluarga (Pendidikan Informal), lingkungan sekolah (Pendidikan Formal), dan lingkungan masyarakat (Pendidikan Nonformal).

Pendidikan Informal adalah pendidikan yang diperoleh seseorang dari pengalaman sehari-hari dengan sadar atau tidak sadar,sejak seseorang lahir sampai mati.Proses pendidikan ini berlangsung seumur hidup. Sehingga peranan keluarga itu sangat penting bagi anak terutama orang tua. Orang tua mendidik anaknya dengan penuh kasih sayang.Kasih sayang yang diberikan orang tua tidak ada habisnya dan terhitung nilainya. Orang tua mengajarkan kepada kita hal-hal yang baik misalnya, bagaimana kita bersikap sopan-santun terhadap orang lain,menghormati sesama,dan berbagi dengan mereka yang kekurangan.

Lingkungan selanjutnya yaitu lingkungan sekolah, sekolah merupakan lingkungan yang juga sangat berpengaruh pada pendidikan anak, sekolah merupakan lembaga formal. Sekolah ini mempunyai tingkatan yaitu SD, SLTP dan  SLTA, orang tua kedua bagi anak adalah seorang guru, guru akan memberikan ilmu yang dimiliki untuk diajarkan kepada anak selain itu guru juga akan mendidik anak agar mempunyai tingkah laku yang baik. Lingkungan yang terakhir yaitu lingkungan masyarakat, lingkungan ini juga tidak kalah pentingnya dengan lingkungan keluarga dan sekolah, lingkungan ini secara tidak langsung memberikan pendidikan terhadap anak, contohnya cara bergaul terhadap sesama, berbicara di depan umum dan banyak lagi. Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan pembelajaran. Belajar menurut Spears dalam Suprijono (2009:2) adalah mengamati, membaca, meniru, mencoba sesuatu, mendengar dan mengikuti arah tertentu.

 Jadi belajar adalah proses perubahan perilaku secara aktif, proses mereaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu, proses yang diarahkan kepada suatu tujuan, proses berbuat melalui berbagai pengalaman, proses melihat, mengamati, memahami sesuatu yang dipelajari. Pendidikan berperan penting untuk mengasah kemampuan kognitif anak hingga beranjak dewasa. Kemampuan ini menjadi bekal kecekatan seorang individu dalam menyelesaikan masalah dan tugas apapun. 

Pelatihan kemampuan kognitif semakin baik jika diajarkan sejak diniKi Hajar Dewantara sebagai bapak pendidikan Nasional Indonesia mengatakan pendidikan tersebut merupakan tuntutan didalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksud dari pendidikan yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak tersebut agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan. Jadi dapat di simpulkan bahwa pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Apalagi di zaman era globalisasi ini seharusnya generasi muda bisa dan harus mampu mengembangkan ilmu pendidikan agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman. 

Generasi Muda merupakan garda terdepan dalam membangun bangsa dan sebagai generasi penerus bangsa, dimana generasi sekarang harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang lebih luas untuk kedepannya. Selain itu pendidikan juga sangat berperan penting dalam memajukan negara untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan yang dapat diperoleh oleh anak di mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. 

Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang paling awal diperoleh oleh setiap anak. Seorang anak pertama kali akan memperoleh pendidikan  dari orang tuanya, apabila seorang anak sudah merasakan kasih sayang dari kedua orang tua tentunya anak tersebut juga memberikan kasih sayang terhadap orang tua. Dalam kondisi seperti ini tentu juga memberikan pendidikan terhadap anak yaitu aman, dihargai dan disayangi. 

Apabila anak sudah merasakan hal yang demikian maka anak tidak akan takut menyatakan dirinya. Sebenarnya pendidikan itu dapat kita perolah dimana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, kita sebagai manusia hendaknya mau menyadari hal tersebut. 

Pendidikan sangat berdampak besar bagi pengaruh perkembangan masa depan. Tidak hanya untuk diri sendiri, bahkan dapat pula berpengaruh bagi bangsa dan Negara Repubik Indonesia. Oleh karena itu, hendaknya kita mulai menyadari betapa pentingnya pendidikan tersebut bagi kelangsungan masa depan kita. dan kita sebagai manusia terpelajar hendaknya mau memahami betul hal tersebut. 

Sehingga dengan pendidikan orang akan mampu untuk menata masa depannya dengan bijaksana, dan dapat berfikir lebih kritis dalam memecahka suatu masalah yang terjadi didalam kehidupannya dengan kita mengerti tentang pendidikan.

Indra Munir, S,.Si merupakan guru aktif dalam litetasi, kini beliau mengajar di MAN Kampar, Riau

 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -