Milad ke-45 Faperta UIR Dirayakan Lebih Meriah dengan Serangkaian Kegiatan
Jumat, 11 November 2022 - 00:27:56 WIB
 

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, detakriau.com -  Fakultas Pertanian (Faperta)  UIR merayakan milad ke-45  tahun ini  dengan serangkaian kegiatan yang lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Setelah lebih dua tahun dilanda Covid 19, perayaan milad diselenggarakan secara luring dan hibrid. 

Beberapa rangkaian kegiatan milad kali ini dipadati dengan acara seminar nasional, kuliah umum, penyerahan sumbangan kitab suci Alquran bagi para hafidz dan jalan santai.

Ketua Panitia Milad ke-45 Faperta UIR, Dr. Ir. Ujang Paman Ismail, M.Sc kepada pers, Jumat (11/11) menjelaskan rangkaian kegiatan tersebut sudah dimulai sejak tanggal 10 November yang diawali dengan penyerahan 127 A-Qur’an berupa  wakaf dari dosen dan alumni Faperta UIR sekaligus dirangkai dengan Wisuda Tahfids ke 3 yang ditaja oleh Forum Komunikasi Pendidikan Al-Quran (FKPQ) dan Kurnia Wakaf Alquran.

Rektor UIR, Prof. Dr. Syafrinaldi, SH, L.C.M dan para wakil rektor dan pimpinan fakultas di lingkungan UIR menghadiri acara ini. Kegiatan sumbangan Alquran ini digagas oleh mantan Dekan Faperta UIR, Ir. A. Z. Fachri Yasin, M.Agr.

Ujang Paman menambahkan, kegiatan Kuliah Umum Internasional menghadirkan  Tn. Hj. Ismail bin Hj. Ahmad (MLY) dengan tema: “Pertanian Organik Solusi Hidup Sehat dan Ramah Lingkungan” digelar Jumat (11/11) di Aula Faperta UIR. Kegiatan ini diikuti oleh para dosen, karyawan dan mahasiswa Faperta UIR dan para undangan.

Dekan Faperta UIR, Dr. Ir. Siti Zahra, M.Si terkait kuliah umum internasional ini menjelaskan, kegiatan ini  bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa baru tentang pupuk organic yang sekarang lagi  digunakan oleh petani.  Karena pertanian yang menggunakan pupuk organik yang selanjutnya disebut pertanian organik merupakan produk pertanian sehat dan ramah lingkungan.  

Ini salah satu cara menjadikan pertanian berkelanjutan dengan produksi dan produktivitas terus meningkat

Ujang Paman selanjutnya mengungkapkan, kegiatan Seminar Nasional dengan tema “Di Tengah Ancaman Krisis Pangan Global: What Should be done?” yang digelar Sabtu (13/12). 

Seminar ini akan mendatangkan berbagai pakar yaitu Porf. Dr. Ir. Helmi, M.Sc dari Fakultas Pertanian UNAND Padang, Sri Fatimah, SP, MAB, PhD dari Departemen Sosial Ekonomi Pertanian UNPAD dan Dr. Nurmawati, APT, M.Sc yaitu pakar Herbal dari Malaysia.  

Sementara penyaji dari  Riau, yaitu Ir. Basriman, MP: Mantan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Riau dan Ketua Umum Perkumpulan Masyarakat Pangan Provinsi Riau, Kemudian ada Ir. Zulpadli: Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Dr. Ir. Rosyadi, MSi: Dosen Senior Prodi Budidaya Perairan dan terakhir ada Dr. Mardaleni, SP, M.Sc pakar Bioteknologi Pertanian dari Prodi Agroteknologi Fakultas Peranian UIR. 

"Tema ini sangat penting melihat kondisi sekarang adanya ancaman krisis pangan global dan tentunya juga akan mengancam pangan nasional.  Tingginya inflasi dunia yang dipicu oleh berkurangnya  pasokan pangan, mengakibatkan meningkatnya harga pangan, terutama setelah pecahnya perang Rusia – Ukraina yang sampai sekarang masih berlangsung," ujar Siti Zahra.

Dalam rangkaian milad ini digelar pula acara Reuni Akbar dan Musyawarah Besar ke 5 Alumni Fakultas Pertanian UIR (13/11).    

Kegiatan reuni  dua tahunan ini sudah 4 tahun belakangan tidak dapat dilaksanakan karena Covid-19.  Karena sudah lama tak ada kegiatan Reuni, maka  Reuni Akbar kali ini disambut antusias oleh para alumni.

Hari Ahad pagi khusus bagi keluarga  besar Faperta diadakan kegiatan jalan santai dengan hadiah menarik. ***

 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -