Personel Damkar Gugur Saat Bertugas, Rian Sosok Humble dan Berdedikasi Tinggi
Senin, 21 November 2022 - 21:37:35 WIB
 

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, detakriau.com - Kabar duka datang dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru. Satu petugasnya meninggal dunia saat menjalankan tugas.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pekanbaru bernama Rian Mortir (27) tersebut meninggal dunia saat berusaha memadamkan kobaran api yang terjadi di sebuah gudang tiner, Jalan Lily, Kecamatan Sukajadi.

Sosok almarhum Rian Mortir dikenal sebaik sosok yang disiplin, dan humble. Selain itu, petugas pemadam kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru ini juga dikenal sebagai sosok pendiam, namun tangguh dan berdedikasi tinggi.

"Sosok almarhum adalah sosok yang berdedikasi tinggi, disiplin, dan baik orangnya," ujar Sekertaris DPKP Kota Pekanbaru Lili Suryani, dilansir cakaplah.com, Senin (21/11/2022).

Ia mengatakan almarhum juga adalah sosok yang sangat humble kepada teman-temannya dan juga termasuk sosok pendiam tapi dalam bekerja boleh dikatakan sangat tangguh dan berdedikasi.

"Walaupun dia pendiam, namun dalam diamnya ada semangat dan tanggungjawab dalam bekerja. Kami semacam sudah ada komitmen yang namanya ada musibah itu kebakaran dimana pun, selagi ada informasi yang lengkap datanya akurat dan dipercaya kita dengan tim akan semangat sampai ke tujuan," cakapnya.

Diceritakan Lili, saat terjadi musibah tersebut, almarhum langsung dibawa ke rumah sakit Ibnu Sina karena memang rumah sakit tersebut yang terdekat.

"Waktu ada kejadian ini, rekan-rekannya memang ada yang tetap bekerja memadamkan api, namun almarhum juga tetap diurus dan diantar ke rumah sakit. Karena kejadian dekat dengan RS Ibnu Sina ya diarahkan ke RS Ibnu Sina," cakapnya.

Lanjut Lili, dalam bekerja pihaknya sudah menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP). Artinya anggota yang meluncur ke TKP lengkap dengan APD dan juga dilengkapi instruksi dari Komandan Regu (Danru) dan juga Danton.

"Kalau untuk SOP bekerja insya Allah sudah sesuai. Namun kita kembali semua ke qadarullah, ini sudah takdir, semua SOP sudah kita jalankan," ucapnya.

Lebih lanjut mewakili DPKP Kota Pekanbaru dirinya menyampaikan rasa belasungkawa dan turut berduka cita sedalam-dalamnya.

"Semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT sesuai dengan amal kebaikan yang telah beliau kerjakan. Namun demikian kami sekali lagi mengapresiasi atas segala kinerja beliau, dedikasi beliau dalam bekerja. Karena beliau meninggal dalam situasi menjalankan tugas dan tanggungjawabnya di dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan Kota Pekanbaru," pungkasnya.

Sementara itu, DPRD Kota Pekanbaru turut berduka cita atas kejadian meninggalnya salah seorang personel Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pekanbaru bernama Rian Martir, saat menjalankan tugasnya.

"Tentu pertama sekali kami mengucapkan turut berduka cita atas berpulangnya salah seorang petugas Damkar yang mengalami kecelakaan dalam bertugas," ujar Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Roni Pasla, Senin (21/11/2022).

Kata Roni, hal yang paling disadari oleh kita semua, bahwa tantangan petugas Damkar dalam bertugas tentu mempunyai resiko yang tinggi.

"Informasi lapangan tentu harus menjadi hal yang pertama sekali dikuasai dalam bertugas. Keselamatan petugas harus menjadi prioritas utama. Kesiapan dan kondisi lapangan inilah yang menentukan keberhasilan dalam menjalankan tugas pemadaman," cakapnya.

Lanjut Roni, seluruh petugas Damkar Pekanbaru juga pasti sudah melaksanakan pekerjaan sesuai SOP yang berlaku. "Oleh karena itu sudah semestinya kita semua termasuk masyarakat memahami tugas berat ini," ujarnya.

Baca: Polisi Ungkap Kronologis Kebakaran Gudang Tiner yang Tewaskan Petugas Damkar Pekanbaru

Roni juga meminta agar Pemko Pekanbaru memberikan penghargaan dan santunan atas dedikasi korban yang gugur dalam melaksanakan tugasnya.

"Pemerintah sudah semestinya memberikan penghargaan dan santunan untuk keluarga petugas yang menjadi korban," pungkasnya.(rid/ckp)


 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -