Piala AFF 2022, Indonesia Gulung Brunei 7-0
Senin, 26 Desember 2022 - 19:59:29 WIB
 

TERKAIT:
   
 

Kuala Lumpur, detakriau.com - Timnas Indonesia tampil superior saat melawan Brunei Darussalam di laga kedua Grup A Piala AFF 2022. Skuad Garuda menang tujuh gol tanpa balas.

Bertanding di Stadion Kuala Lumpur, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022), Indonesia tampil dominan atas Brunei. Lima gol bisa disarangkan Egy Maulana Vikri dkk.

Di babak pertama, keunggulan 2-0 didapat lewat gol Syahrian Abimanyu dan Dendy Sulistyawan. Kemudian, lima gol bisa ditambah di babak kedua, masing-masing oleh Egy Maulana, Ilija Spasojevic, Ramadhan Sananta, Marc Klok, dan Yakob Sayuri.

Kemenangan 6-0 membuat Indonesia sementara memimpin Grup A dengan 6 poin dari dua laga. Indonesia sementara menyalip Thailand dan Filipina, yang baru akan bertanding sesaat lagi.

Jalannya Pertandingan

Dilansir detik.com, sejak kick off, kedua tim sama-sama saling menekan. Indonesia tampil efektif, dengan bisa menghasilkan beberapa peluang di sepuluh menit pertama.

Terus menekan, gol akhirnya didapat Indonesia. Tim tamu bisa menjebol gawang Brunei pada menit ke-20, lewat aksi Syahrian Abimanyu. Menerima operan Ilija Spasojevic, Syahrian meneruskannya dengan sepakan kaki kiri ke gawang. Bolanya mengarah ke pojok kiri bawah, dan tak bisa diantisipasi Haimie Nyaring. Indonesia unggul 1-0.

Unggul satu gol, Indonesia terus menekan Brunei. Pada menit ke-28, Dendy Sulistyawan punya kans mencetak gol. Berawal dari crossing Edo Febriansah di sisi kiri, bola bisa mengarah ke kotak penalti, dan menemui Dendy. Sepakan dilepaskan, namun bola malah melayang ke atas gawang.

Di menit ke-30, kans kembali didapat lewat aksi Saddil Ramdani. Saddil merangsek ke kotak penalti, dan melepaskan tembakan jarak dekat. Namun, bolanya bisa dihalau kiper Brunei.

Empat menit berselang, Saddil kembali nyaris menjebol gawang Brunei. Dari tendangan bebas, usai Dendy dilanggar Yura Yunos, Saddil melepaskan bola, namun masih membentur tiang gawang Haimie Nyaring.

Di menit ke-38, Brunei kena apes usai harus bermain dengan 10 orang. Alinur Jufri menelan kartu kuning keduanya, usai melanggar keras Saddil Ramdani.

Gol kedua Timnas Indonesia akhirnya lahir di menit ke-41. Gol dicetak Dendy Sulistyawan. Dari sisi kanan, crossing Asnawi bisa disontek Saddil Ramdani, namun bolanya mengarah ke Dendy, yang langsung meneruskannya dengan sepakan di mulut gawang Brunei Darussalam. Skor 2-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, dominasi Indonesia berlanjut. Dua gol cepat kemudian bisa ditambah pasukan Shin Tae-yong.

Pertama Egy Maulana Vikri yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-59. Egy bisa meneruskan umpan Edo menjadi gol lewat sundulan. Skor 3-0 untuk Indonseia.

Semenit berselang, Spasojevic ikutan menambah gol. Sepakan kaki kanannya, memanfaatkan umpan Asnawi berbuah gol. Keunggulan Garuda menjadi 4-0.

Tekanan Indonesia belum berhenti. Di menit ke-68, Ramadhan Sananta, yang menggantikan Spasojevic, bisa ikutan menambah gol. Skor menjadi 5-0 untuk keunggulan Indonesia.

Sudah unggul jauh, Indonesia mengendurkan tekanannya. Namun, Brunei masih terlihat kesulitan menembus rapatnya lini belakang tim Merah Putih yang cukup disiplin.

Malah Indonesia bisa menambah satu gol lagi. Marc Klok, yang baru masuk, bisa memperbesar keunggulan menjadi 6-0, usai meneruskan umpan Yakob Sayuri.

Di masa injury time, Yakob Sayuri ikutan memperbesar keunggulan menjadi 7-0. Gol itu menjadi penutup pesta Timnas Indonesia ke gawang Brunei Darussalam.

Susunan Pemain

Brunei Darussalam: Haimie Nyaring, Wafi Aminudin, Alinur Jufri, Najib Tarif, Hakeme Said, Khairil Suhaimi, Hendra Idris (Azwan Ali 58'), Shafie Effendy (Fakharrazie Hassan 46'), Hanif Hamir, Nazirrudin Ismail (Razimie Ramli 68'), Azizi Ali Rahman (Haziq Kasyful 46')

Indonesia: Nadeo Argawinata, Rizky Ridho (Marc Klok 80'), Asnawi Mangkualam (Yakob Sayuri 63'), Hansamu Yama, Edo Febriansah, Syahrian Abimanyu, Rachmat Irianto, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri (Witan Sulaeman 63'), Dendy Sulistyawan (MUhammad Rafli 74'), Ilija Spasojevic (Ramadhan Sananta 63')

Klasemen

Di Grup A Piala AFF 2022 sementara, Indonesia jadi pemuncaknya. Egy dkk kumpulkan enam poin dari dua laga dan punya selisih gol +8.

Powered by AdSparc
Thailand di peringkat kedua sementara dengan tiga poin dari satu kali bermain. Thailand dipepet Filipina dengan poin sama dan Kamboja di bawahnya juga sama poinnya.

Namun, Thailand unggul selisih gol yakni +5 berbanding 3 dan 0.

Baca juga:
Pemain Ini Dilabeli CR7-nya Malaysia!
Thailand vs Filipina akan bermain pada malam ini pukul 19.30 WIB di Thammasat Stadium. Peluang Indonesia dan tiga tim di bawahnya masih terbuka lebar untuk lolos dari fase grup.

Indonesia selanjutnya dinanti Thailand pada 29 Desember dan Filipina pada 2 Januari mendatang dalam lanjutan Piala AFF 2022.(rid/dtc)



 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -