Psikolog Ungkap Cara Efektif Tegur Anak yang Main Lato-lato
Selasa, 10 Januari 2023 - 21:59:43 WIB
 

TERKAIT:
   
 

Jakarta, detakriau.com - Seiring hype-nya, kini suara mainan lato-lato menggema di mana-mana, tak terkecuali tempat umum. Banyak warga mengeluhkan, suara bising yang dihasilkan mainan ini mengganggu kenyamanan orang-orang di sekitar. 

Lantas agar efektif dan tidak salah langkah, bagaimana sebaiknya cara menegur anak ketika seseorang terganggu oleh suara lato-lato?

Psikolog klinis dan founder pusat konsultasi Anastasia and Associate, Anastasia Sari Dewi, menyoroti, banyak orang mengeluh soal lato-lato bukan karena terganggu oleh suaranya, melainkan juga karena risiko bahaya cedera pada lingkungan sekitar maupun anak yang bermain.

Jika ingin menegur anak tersebut, Sari menyarankan, libatkan orang terdekat atau orang tua dari anak tersebut. Alih-alih langsung memarahi dan menyetop, Sari menganjurkan agar anak diberi pengertian secara pelan-pelan. Pasalnya, anak belum memiliki kemampuan bersimpati layaknya orang dewasa.

"Berikan pengertian dengan baik kenapa alasan Anda meminta orang tua tersebut menghentikan anaknya bermain lato-lato. Misalkan, sedang berada di fasilitas umum yang membutuhkan ketenangan atau misalkan membutuhkan keseriusan sehingga suara itu mengganggu, boleh disampaikan dengan baik," jelasnya pada detikcom, Senin (9/1/2023) malam.

Cara kedua, jika merasa tidak cukup berani untuk bicara pada orang tua anak yang bermain lato-lato, cobalah libatkan orang ketiga. Misalnya ketika berada di tempat umum, teguran pada anak dan orang tua tersebut bisa disampaikan melalui petugas yang berjaga.

"Apabila di restoran mungkin waitress, pelayan, atau mungkin keamanan. Minta mereka untuk sampaikan bahwa itu cukup mengganggu. Tidak hanya dari segi suara, melainkan juga dari segi risiko bahaya entah itu terlempar atau bisa menimbulkan pecah sesuatu," ungkap Sari.

"Sampaikan dengan baik-baik, beri pengertian. Karena mungkin tidak semua orang terpikir sejauh itu untuk hal-hal risiko demikian," sambungnya.

Agar tak malah menimbulkan kesan marah dan mengancam, Sari menyarankan, cobalah ajak bicara anak dengan merendahkan posisi tubuh setara tinggi anak yang bermain lato-lato.

"Seperti menghadapi anak-anak pada umumnya silakan merendahkan posisi tubuh Anda sehingga setara dengan anak-anak. Sampaikan dengan nada yang lembut atau pelan, atau mungkin bisa ajak dia atau minta orang tuanya mengajaknya ke tempat lain yang jauh lebih aman atau fasilitas umum lainnya supaya tidak mengganggu yang lain. Pastikan postur tubuh tidak mengancam, menunduk, nada suaranya juga tidak terlalu keras," pungkas Sari.(rid/dtc)

 

 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -