Dorong Semangat Gernas BBI dan BWI, BMPD Riau Gelar Sepeda Santai
Sabtu, 18 Maret 2023 - 13:54:06 WIB
 
Direktur Utama Bank Riau Kepri Syariah, Andi Buchari, Kepala OJK Riau, Muhamad Lutfi, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau, Syahrial Abdi dan Kepala Bank Indonesia (BI) Riau yang juga Kepala BMPD Riau, Muhamad Nur.(ist)
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, detakriau.com - Dalam rangka mendorong kegiatan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI), Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Riau menggelar kegiatan Sepeda Santai dengan mengusung tema Melestarikan Budaya dan Warisan, Sabtu (18/3/2023).

Kegiatan yang diawali dari Bank Indonesia berakhir di Menara Bank Riau Kepri Syariah setelah melewati sejumlah jalan dan tempat wisata yang ada di Pekanbaru.

Kepala Bank Indonesia (BI) Riau yang juga Kepala BMPD Riau, Muhamad Nur mengatakan kalau kegiatan ini bagian dari kegiatan untuk mendukung Gernas BBI dan BBI di Riau.

"Kita dari BMPD Riau terus mendukung program pemerintah yaitu Gernas BBI dan BWI, makanya tadi rute yang kita lalui, adalah tempat-tempat wisata di Pekanbaru seperti Pasar Wisata Pasar Bawah dan juga Rumah Tuan Kadi, di samping itu ada juga beberapa UMKM binaan Bank Riau Kepri Syariah," ujar M. Nur.

Adapun para peserta kegiatan Sepeda Santai ini adalah perwakilan dari perbankan yang ada di Pekanbaru, tercatat ada sekitar 600 peserta yang hadir mengikuti acara ini, ini juga program BMPD dan juga sinergi dengan Pemerintah Daerah.

Sementara itu, mewakili Gubernur Riau, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau, Syahrial Abdi menyambut baik kegiatan ini karena ini juga bagian dari kampanye Gernas BBI dan BWI.

"Pemprov dalam hal ini sangat mendukung program ini karena ini juga program nasional, disamping Gernas BBI dan BWI ini, akan ada lagi nanti kampanye Halal Fair pada saat ramadan," ujarnya.

Tak hanya Pemprov Riau dan juga kalangan perbankan, Syahrial Abdi juga meminta walikota dan bupati untuk ikut mendorong kegiatan Gernas BBI dan BWI ini agar targer yang diinginkan bisa tercapai.

Di sisi lain, Kepala OJK Riau, Muhamad Lutfi mengatakan kalau OJK selaku co-campaign manager juga mendukung Provinsi Riau dalam perannya menjadi salah satu tuan rumah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI- BBWI) bersama dengan sembilan Provinsi lainnya.

"Kita di OJK juga mengambil peran dengan menggelar kegiatan pelatihan bagi UMKM baik itu sifatnya online maupun offline, dan Senin nanti akan kita mulai," jelasnya.

Muhamad Lutfi berharap agar media bisa mendukung kegiatan ini agar bisa berjalan dengan suskes.

"Gernas BBI - BBWI ini bertujuan untuk menggerakkan roda perekonomian lokal dengan target secara keseluruhan terdapat 30 juta UMKM onboard, belanja PDN senilai Rp1.000 triliun, dan pendapatan pariwisata senilai Rp3.281,7 triliun."

Sementara Direktur Utama Bank Riau Kepri Syariah, Andi Buchari, menjelaskan kalau pihaknya siap melakukan pembinaan hingga pembiayaan bagi pelaku UMKM yang ada di Riau, terutama terkait juga dengan Gernas BBI dan BWI.

"Kami sudah menggelar kegiatan workshop bagi UMKM binaan kami dengan mengusung tema "UMKM Naik Kelas" dengan menghadirkan Pembicara dari Universitas Riau dan juga Motivator sekaligus Ketua Asosiasi Tata Boga Indonesia," ujarnya.

Andi Buchari mengatakan UMKM diharapkan tidak hanya mampu menghasilkan produk yang baik dan berkualitas, nanti dari sisi lain juga perlu tertib administrasi dan persyaratan lainnya dalam hal upaya mendapatkan pembiayaan dari perbankan. (*)


 
 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -