Pejudo Putri Riau Raih Emas 48 kg Putri Blind di Ajang Peparnas 2024
Senin, 07 Oktober 2024 - 19:42:21 WIB
 

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, detakriau.com - Setelah atlit Tiwa, Atletik, Renang, Taikwondo, Tenis Meja  meraih medali emas, kini giliran Pejudo putri Riau, Amiyah berhasil meraih emas di nomor -48 kg putri blind judo di ajang Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) 2024 di Solo, Jawa Tengah senin (07/10/24) di Swiss-Ballin Hotel.

Di final, dimana Amiyah  tidak lah mudah menjalani pertandingan kali ini. Sebab Amiyah kali ini menghadapi peraih emas di Peparnas 2021 di Papua. Sesama atlit yang mendapat emas Peparnas 2021 Papua, Amiyah pun siap bertanding dengan segudang kemampuannya.

Di Peparnas 2024 kali ini yang membuat dirinya cukup berat, dirinya_ Amiyah turun di kelas under -48 kg putri. Padahal ia biasanya turun di kelas 43 kg. Alhasil, ia harus menghadapi lawan yang berat badannya lebih berat dari dirinya akibat penggabungan nomor tersebut.

Selain itu, ia juga harus berhadapan dengan para juara disetiap nomor yang digabungkan. Inilah yang terjadi saat final di under -48 kg putri. Ia menghadapi pejudo Jabar, Mariana yang meraih emas di Peparnas 2021.

"Cukup ketat pertandingan final tadi," kata Amiyah, dilansir tribunpekanbaru, Senin (7/10/2024).

Dalam final tersebut, Amiyah pun disebut menang tipis dimana dalam istilah judo ia disebut menang wajari.  Berbeda dengan semifinal, ia bisa menang telak atas lawannya dari Kalsel.

Pelatih judo Riau di Peparnas ini, David Halomoan mengatakan dengan hasil Amiyah ini, pihaknya berhasil menjaga tradisi emas di Peparnas.

"Kita berhasil menjaga tradisi emas di Peparnas," kata David pada media.

Namun David mengatakan perjuangan pejudo Riau masih panjang. Sebab masih banyak pejudo Riau yang belum turun.

"Mohon doanya. Sebab masih ada 7 atlet kita yang belum tanding, in sya allah  besok kita akan kebali raih Emas" harapnya. 

Dengan raihan Amiyah dihari pertama ini, judo Riau berpeluang meraih 2 emas di Peparnas 2024 ini.*


 
 
Redaksi | RSS | Pedoman Media Siber Copyright © 2017 by detakriau.com. All Rights
 
 
22:52 | WARTAWAN DETAK RIAU DIBEKALI KARTU PERS DALAM PELIPUTANNYA, JIKA MENCURIGAKAN HUB 0813-655-81599 - - - -